Wednesday, April 23, 2008

MENARCHE

Masa remaja adalah periode yang penuh dengan perubahan tubuh maupun perubahan mental, waktu anak berusia remaja menemukan kesempatan untuk mencoba yang baru. Pada tahun 2000, kaum muda berumur 14 sampai 24 tahun berjumlah 43,3 juta orang, merupakan 21% penduduk Indonesia yang merupakan tulang punggung negeri ini dan bagian dari masyarakat, yang perlu pendidikan dan bimbingan lengkap demi masa depannnya. Saat ini para remaja sangat dipengaruhi oleh media massa, termasuk internet, film dan musik. Secara umum, kaum remaja lebih terbuka menerima ide-ide baru dan lebih intensif mempergunakan teknologi baru untuk mencari informasi yang berkaitan dengan alat reproduksi. Kemudahan dalam medapatkan informasi tentang hal-hal yang menyangkut tentang organ reproduksi merupakan salah satu faktor yang mempercepat seseorang menginjak masa pubertas.

WWW.acicis.Murdech.edu.qu/ni option=com_content&task=view&id=120&Itemid=29
1 April 2007 Jam 12.00

Kurangnya informasi tentang reproduksi khususnya menarche pada remaja putri dapat berdampak terhadap reaksi individual remaja putri pada saat menstruasi yang dapat berdampak negatif antara lain : depresi, rasa takut, gangguan konsentrasi, mudah tersinggung, gelisah sukar tidur, sakit kepala, perut kembung. Sedang dampak positif antara lain : seorang gadis mulai menyesuaikan sikapnya, bahwa dirinya telah tumbuh dewasa. Dalam masa pancaroba itu ia mulai keluar dari ketergantungan kepada keluarganya, mampu menentukan sikap dalam menghadapi konflik, mampu memutuskan beberapa norma yang harus diambilnya dari luar, serta beberapa banyak ajaran orang tuanya yang dia terima. Dan pada saat inilah ia merasakan adanya dorongan baru, sesuatu tarikan terhadap lawan jenis, serta telah berfungsinya organ reproduksi untuk mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ibu. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa dampak dari menarche sangat berbagai macam, ada baiknya remaja putri mengetahui pentingnya informasi tentang menarche, sehingga ia dapat berindak dengan baik dan benar, sehingga ia tahu apa yang harus dia lakukan pada saat mengalami menstruasi serta dampak negatif dari menstruasi dapat ditekan seminimal mungkin. Pengetahuan tentang menstruasi dapat distimulus dari berbagai faktor diantaranya : sosial ekonomi, kultur, pendidikan, pengalaman. Angka kejadian haid yang pertama kali (menarche) banyak terjadi pada jenjang SLTP.

WWW.Kesrepro Info.com/downloads/Pedoman%20Kes%20Jiwa%20Remaja.Pdf
1 April 2007 Jam 12.00

Menarche merupakan titik permulaan si gadis menginjak masa puber (masa kedewasaan), yang dipengaruhi oleh kelenjar hipofisis yang terletak persis dibawah otak, dibawah pengaruh jam biologis, memberi tanda pada indung telur untuk mulai memproduksi hormon esterogen dalam jumlah yang memadai untuk pembesaran payudara pematangan organ-organ seksual dan perubahan emosi. Rahim juga mengalami perubahan hormonal, yang memungkinkan terjadinya menstruasi dan sebagai persiapan untuk kehamilan. Sehingga bila seseorang telah mengalami menarche sangat beresiko jika melakukan hubungan sexual dapat berakibat kehamilan pranikah, aborsi ilegal yang berbahaya atau “Married-By-Accident”

WWW.depkes.go.id 1 April 2007

No comments: